F Blog, Efektifkan Pembelajaran Jarak Jauh PAI dan BP - DI MAS BLOG

Blog, Efektifkan Pembelajaran Jarak Jauh PAI dan BP



Oleh :

Didi Masyhudi, S.PdI

Guru SDN Margadana 2 Kota Tegal

Prahara wabah Virus Corona Diseases 2019 (Covid-19) telah menjadi keprihatinan global. Kebijakan "Belajar dari Rumah" yang diambil Kemendikbud sebagai upaya mitigasi efektif dan mencegah penyebaran wabah Covid-19 dengan melakukan lock down proses pemebelajaran melalui Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tanggal 24 Maret 2020 merupakan pilihan terbaik walaupun seolah seluruh jenjang pendidikan 'dipaksa' bertransformasi untuk beradaptasi secara tiba-tiba dan drastis untuk melakukan pembelajaran dari rumah melalui media daring.

Hampir memasuki bulan keenam kebijakan tersebut dilaksanakan, tentu ada kesulitan ketika kebijakan baru ini diterapkan. Pilihan melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dari kediaman masing-masing tidak mudah dilakukan. Pertama, belum tersedianya program, rencana dan jadwal pembelajaran yang terkonsep secara matang. Kedua, memerlukan kesiapan perangkat PJJ dan tentu paket data internet yang masih dikelola secara mandiri. Ketiga, tidak semua guru dan siswa siap mengoperasikan bahkan membuat sistem pembelajaran daring. Keempat, belum tersedianya bahan pembelajaran PAI dan BP secara digital.

Namun, dunia boleh mewabah dan terimpit oleh bencana, tapi dunia pendidikan harus terus berlari demi melanjutkan peradaban. Penerapan PJJ di tengah pandemi justru memungkinkan guru untuk “merdeka mengajar” dengan beragam metode pembelajaran yang kemudian diterapkan oleh guru pada siswanya, ada yang melalui video conference zoom, moodle, schoology, edmodo, whatsapp grup, google classroom, google meet, google site, blog, dan lain-lain.

Di SD Margadana 2 Kota Tegal, PJJ pada mata pelajaran PAI dan BP menggunakan layanan media blog yang digawangi oleh Dinas Pedidikan Kota Tegal melalaui laman https://paisdtegalkota.blogspot.com. Konten blog ini memuat materi secara terstruktur sebagaimana proses kegiatan belajar mengajar. Isi blog disajikan perpertemuan yang di dalamnya memuat materi pokok, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, langkah langkah kegiatan pembelajaran yang diawali dengan sajian video tuntunan doa sebelum belajar juga tadarus atau Asmaul Husna. Kemudian selanjutnya berisi uraian materi dan diperkuat dengan video pembelajaran dan diahiri dengan penugasan dan penilaian.

Saat proses PJJ PAI dan BP, link blog tersebut dikomunikasikan melalui layanan Watsapp Grup dan selanjutnya para siswa bisa blogwalking dan kegiatan PJJ pun bisa menjadi lebih mudah, terarah dan komunikatif. Hal ini terbukti seperti yang dilaksanakan dalam proses pembelajaran QS. Al-Falaq pada Kelas IV Semester I di SD Margadana 2 Kota Tegal, dimana melalui media blog tersebut mampu menyedot perhatian siswa dan siswa terlibat secara interaktif.

Blog sebagai pilihan media PJJ PAI dan BP karena mempunyai karakteristik : 1) dapat mengunggah semua informasi yang berkaitan dengan materi pembelajaran dengan menambahkan multimedia (gambar, animasi, efek suara dan video). 2) mampu menyajikan link terkait yang berhubungan dengan materi. 3) tersedia link mengunduh materi, tugas, informasi atau yang sesuai dengan topik dan tujuan yang diinginkan 4) tersedia kolom komentar yang memungkinkan bisa terjadi komunikasi dua arah antara siswa dan guru. 5) dapat dibuat dengan mudah, cepat, tanpa harus belajar bahasa pemograman dan tersedia secara gratis.

Hasil dari penggunaan blog sebagai media pembelajaran dan sumber belajar PAI dan BP dimasa PJJ sangatlah efektif karena telah berhasil menyedot perhatian siswa dan siswa terlibat secara interaktif. Selain itu, mampu mengubah cara belajar dan teknik PJJ lebih terarah, terprogram, terbimbing dan hasil dari proses pemebalajaranpun dapat terukur dengan hasil baik.

CONVERSATION

0 Comments: