Oleh
:
Didi
Masyhudi, S.PdI
Guru
SDN Margadana 2 Kota Tegal
Prahara wabah Virus Corona Diseases 2019 (Covid-19) telah menjadi keprihatinan
global. Kebijakan "Belajar dari Rumah" yang diambil Kemendikbud
sebagai upaya mitigasi efektif dan mencegah penyebaran wabah Covid-19 dengan melakukan
lock down proses pemebelajaran
melalui Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tanggal 24 Maret 2020 merupakan pilihan
terbaik walaupun seolah seluruh jenjang pendidikan 'dipaksa' bertransformasi
untuk beradaptasi secara tiba-tiba dan drastis untuk melakukan pembelajaran
dari rumah melalui media daring.
Hampir memasuki bulan keenam kebijakan tersebut dilaksanakan, tentu ada
kesulitan ketika kebijakan baru ini diterapkan. Pilihan melakukan Pembelajaran
Jarak Jauh (PJJ) dari kediaman masing-masing tidak mudah dilakukan. Pertama,
belum tersedianya program, rencana dan jadwal pembelajaran yang terkonsep
secara matang. Kedua, memerlukan kesiapan perangkat PJJ dan tentu paket data
internet yang masih dikelola secara mandiri. Ketiga, tidak semua guru dan siswa
siap mengoperasikan bahkan membuat sistem pembelajaran daring. Keempat, belum
tersedianya bahan pembelajaran PAI dan BP secara digital.
Namun, dunia boleh mewabah dan terimpit oleh bencana, tapi dunia
pendidikan harus terus berlari demi melanjutkan peradaban. Penerapan PJJ di
tengah pandemi justru memungkinkan guru untuk “merdeka mengajar” dengan beragam
metode pembelajaran yang kemudian diterapkan oleh guru pada siswanya, ada yang
melalui video conference zoom,
moodle, schoology, edmodo, whatsapp grup, google classroom, google meet, google
site, blog, dan lain-lain.
Di SD Margadana 2 Kota Tegal, PJJ pada mata pelajaran PAI dan BP
menggunakan layanan media blog yang digawangi oleh Dinas Pedidikan Kota Tegal
melalaui laman https://paisdtegalkota.blogspot.com. Konten blog ini memuat
materi secara terstruktur sebagaimana proses kegiatan belajar mengajar. Isi
blog disajikan perpertemuan yang di dalamnya memuat materi pokok, kompetensi
dasar, tujuan pembelajaran, langkah langkah kegiatan pembelajaran yang diawali dengan
sajian video tuntunan doa sebelum belajar juga tadarus atau Asmaul Husna.
Kemudian selanjutnya berisi uraian materi dan diperkuat dengan video
pembelajaran dan diahiri dengan penugasan dan penilaian.
Saat proses PJJ PAI dan BP, link blog tersebut dikomunikasikan melalui
layanan Watsapp Grup dan selanjutnya
para siswa bisa blogwalking dan
kegiatan PJJ pun bisa menjadi lebih mudah, terarah dan komunikatif. Hal ini
terbukti seperti yang dilaksanakan dalam proses pembelajaran QS. Al-Falaq pada
Kelas IV Semester I di SD Margadana 2 Kota Tegal, dimana melalui media
blog tersebut mampu menyedot perhatian siswa dan siswa terlibat secara
interaktif.
Blog sebagai pilihan media PJJ PAI dan BP karena mempunyai karakteristik
: 1) dapat mengunggah semua informasi yang berkaitan dengan materi pembelajaran
dengan menambahkan multimedia (gambar, animasi, efek suara dan video). 2) mampu
menyajikan link terkait yang berhubungan dengan materi. 3) tersedia link
mengunduh materi, tugas, informasi atau yang sesuai dengan topik dan tujuan
yang diinginkan 4) tersedia kolom komentar yang memungkinkan bisa terjadi
komunikasi dua arah antara siswa dan guru. 5) dapat dibuat dengan mudah, cepat,
tanpa harus belajar bahasa pemograman dan tersedia secara gratis.
Hasil dari penggunaan blog sebagai media pembelajaran dan sumber belajar
PAI dan BP dimasa PJJ sangatlah efektif karena telah berhasil menyedot
perhatian siswa dan siswa terlibat secara interaktif. Selain itu, mampu
mengubah cara belajar dan teknik PJJ lebih terarah, terprogram, terbimbing dan
hasil dari proses pemebalajaranpun dapat terukur dengan hasil baik.
0 Comments:
Posting Komentar