F Aku dan Gilang Ramadhan - DI MAS BLOG

Aku dan Gilang Ramadhan



Gilang Ramadhan, lahir di Bandung pada tanggal 30 Mei 1963. Pengenalannya terhadap alat musik pertama kali mulai pada saat ia masih kanak-kanak dengan belajar piano, biola, dan terakhir alat musik yang sangat ditekuni adalah drum. Di tahun 1971, ia pertama kali secara resmi belajar alat musik biola di TIM (Taman Ismail Marzuki) dan sebagai murid termuda, merupakan pengalaman yang tak terlupakan. Kemudian pada tahun 1973 pergi ke Perancis, di saat itulah ia mulai mempelajari piano dan organ pada Slamet Abdul Shukur. Pada tahun 1980, dia belajar di Hollywood Professional School dan di L.A.C.C. (Los Angeles City College) Music Department USA.

Sejak tahun 1984 karirnya melejit menjadi drummer terkemuka di Indonesia. Sampai saat ini, beragam konser dari berbagai jenis musik mulai pop, rock, jazz sampai tradisional dan lain - lain telah dimainkan olehnya. Serta juga di studio rekaman dengan beragam artis dan keliling ke berbagai negara-negara lain dengan melakukan klinik drum.

Untuk mengamalkan ilmu yang dimilikinya, bertahun – tahun ia mengajar drum di beberapa sekolah musik, hingga sampai saat ini sudah banyak murid-muridnya yang mengobit menjadi drummer handal di kancah musik indonesia. Seperti ; Wong Aksan, Gary Herb (Krakatau), Iyun, Bryan (shiela on 7), Sandy (Pass Band), Gilang (wayang), Didi (element), Handy (Gigi), Tyo (Dewa), Konde (Samson), Adri (Nidji), Toufan Gunarso, Edi Syahroni, Yon Piliang, Revi, Demas Narawangsa, Excel Mangare,
Rayendra, Timor (Klorofil), Al (Purgatory), Sandy Winarta, Fadil, Alsa, Titik, Aisya, dll.

Pada tahun 1996, Gilang Ramadhan mendirikan I.D.C (Indonesia Drummers Corporation). Tahun 2003, dia diundang pada acara PAS (Percussive Art Society International Convention) bersama-sama; Omar Hakim, David Garibaldi, Cindy Blackman, Jimmy Chamberlin, Steve Houghton, Peter Erskin, Steve Smith di USA yang di review pada majalah Modern Drummer 2004.

Dan hanya dia lah satu-satunya pemain drum di Indonesia yang disponsori oleh Zildjian, perusahaan cymbal dari U.S.A 1992 sampai sekarang. Terakhir perusahaan drum terbesar dari Jepang yaitu Yamaha, memberikan kepercayaan padanya sebagai satu-satunya duta dari Indonesia.

Keunikannya dalam bereksperimen dimulai dari tahun 1992, dimana ia mencoba menggabungkan rythm Indonesia dengan rythm negara lain, yang sudah barang tentu menjadi ciri khas tersendiri yang membedakan Gilang Ramadhan dari drummer-drummer lain dimanapun juga.

Permainannya merupakan implementasi sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin. Menurut kata pemerhati, gaya permainannya seperti layaknya ada beberapa orang bermain drum sekaligus.

Kini ia mempunyai group sendiri dengan world musiknya yang bernama NERA. Juga PIG ( Pra Budi Dharma, Indra Lesmana, Gilang Ramadhan), dan KODE.


Education Background


* 1980 - 1982 Hollywood Professional School, Majoring in Music.
* 1981 - 1984 Los Angeles City College, Under Graduate Level, Majoring in


Percussion.
* 1980 - 1983 Private Lesson By DR. David Smith.


Performances Experience


* 1982 GILCASTRO Big Band, U.S.A.
* 1983 L.A.C.C Big Band, directed by DR.DON SIMPSON, U.S.A.
* 1985 Los Angeles Connection, U.S.A.
* 1985 Nebula, U.S.A and Indonesia G.I.F Indonesia.
* 1986 - 1988 Krakatau, Indonesia.
* 1986 Karimata, Indonesia.
* 1987 Andromeda, Indonesia.
* 1987 Indra Lesmana Trio, Indonesia.
* 1987 - 1992 Jak Jazz Festival, Indonesia.

http://grsd-indonesia.com/

CONVERSATION

0 Comments: